Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Berbagai Jenis Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia Yang Kamu Ketahui

Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui Baiklah, berikut kunci jawaban yang dapat peranguru.com berikan.

Secara garis besar, Indonesia merupakan negara kaya akan keragaman budaya dan karya seninya. Namun apakah kalian tahu apa saja ekspresi budaya yang sampai saat ini masih dikenal oleh masyarakat? Tentu jawabannya ialah karya seni rupa daerah, yang merupakan peninggalan turun-temurun terdahulu.

Percaya atau tidak, kekayaan adanya karya senu rupa tersebut bisa kita temukan di seluruh Indonesia, yaitu dari Sabang sampai Merauke.

Karena hampir setiap daerah punya karya seni rupa, maka seni tersebut biasanya dikaitkan dengan gambaran atau identitas tempat asalnya.

Sebutkan Berbagai Jenis Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia Yang Kamu Ketahui 

Sebutkan Berbagai Jenis Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia Yang Kamu Ketahui

Berikut ini adalah beberapa jenis karya seni rupa daerah di indonesia dan masih sering ditampilkan hingga detik ini:

1. Wayang

Menurut saya, wayang juga termasuk dalam karya seni rupa. Bahkan, popularitasnya sudah hampir ke seluruh dunia. Meskipun kini sudah mulai diabaikan oleh beberapa orang, karya seni rupa wayang pernah populer pada masanya dahulu, terutama di Jawa dan Bali.

Wayang sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu wayang kulit dan golek. Dari kedua karya seni rupa daerah ini, wayang kulitlah yang lebih dulu populer.

Dulu, tokoh-tokoh pewayangan tersebut diproyeksikan langsung ke layar menggunakan tampilan boneka kulit yang kemudian diberikan warna dan pahatan yang sangat mendetail. Kemudian, orang-orang menyaksikannya sambil menunggu drama paling mengesankan.

2. Batik

Batik juga masuk dalam daftar jawaban untuk menjawab pertanyaan "sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui" tersebut. Bicara tentang seni rupa ini, saya yakin kalian pasti sangat memahaminya atau bahkan sudah memilikinya.

Batik sendiri termasuk karya seni rupa daerah dari pekalongan yang memanfaatkan bahan tekstil dan seni lukis. Dalam hal ini, lukis tersebut tidak berupa gambar, melainkan simbol atau motof tertentu. Motif tersebut dibuat langsung di atas kain dan menggunakan malam, hingga tahap akhirnya adalah pewarnaan.

Sampai hari ini, batik masih populer dan bahkan terus diproduksi. Jadi, selain sebagai karya seni rupa tinggalan nenek moyang, batik termasuk karya seni rupa yang sangat berharga. Tak heran jika karya ini selalu dikembangkan.

3. Tenun

Tak hanya batik saja, tenun juga termasuk karya seni rupa daerah yang tergolong dari hasil pemanfaatan bahan tekstil. Bedanya, karya seni rupa ini dibuat dengan menggunakan peralatan tenun.

Saat ini, ada beberapa daerah tertentu yang berhasil memproduksi kain tenun yan unik dan bagus. Misalnya: Tenun ikat dari sumba, songket dari Palembang, dan tenun ulos dari Sumetera Utara. Semua daerah tersebut memproduksi tenun dengan ciri khas yang berbeda.

4. Ukir

Bicara tentang karya seni rupa daerah yang satu ini, jelas sekali bahan untuk membuatnya adalah kayu. Ya benar, ukir sendiri tergolong pula seni pahat yang memanfaatkan benda-benada kayu.

Namun seiring adanya peralatan yang mumpuni, orang-orang kini mulai mengukir berbagai benda, batu misalnya. Adapun beberapa daerah yang berhasil mengharumkan namanya dengan seni ukirnya yakni: Bali, Toraja dan Jepara.

5. Patung

Pernah melihat patung? Tentu saja pernah kan. Keberadaanya sangat tersebar luas dan memiliki keanekaraman bentuk yang indah. Patung juga termasuk karya seni rupa, sehingga jika kalian menemukan soal "sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui", maka patung bisa kalian jadikan sebagai jawaban yang tepat.

Patung sendiri merupakan salah satu karya seni yang terbuat dari berbagai meterial. Beberapa orang memanfaatkan kayu, batu, tanah liat bahkan logam untuk menciptakan karya seni yang satu ini.

Dari beberapa jenis patung, terdapat tiga jenis yang keberadaanya hingga kini di kenal luas oleh masyarakat. Contohnya: Patung toraja, Bali dan patung dayak.

Kunci Jawaban

Sebutkan Berbagai Jenis Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia Yang Kamu Ketahui

  1. Wayang
  2. Batik
  3. Tenun
  4. Ukir
  5. Patung

Jadi, kelima seni rupa di atas adalah jawaban yang dapat peranguru.com berikan ke kalian.