Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Musyawarah Agar Berjalan dengan Lancar

Bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar? Sebelum merujuk ke pembahasan, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu musyawarah.

Jadi, musyawarah ialah sebuah proses yang sangat penting ketika seseorang atau kelompok tertentu ingin mengambil keputusan yang kolektif.

Ketika kegiatan musyawarah ini berlangsung, beberapa orang saat itu berkumpul dan saling mengemukakan pendapat mereka masing-masing. Tujuannya tidak lain agar bisa menemukan hasil terbaik. 

Namun semua itu tergantung pula pada bagaimana cara musyawarah itu dilakukan. Maka dari itu, penting untuk siapapun yang ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk memahami bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar.

Khusus artikel hari ini, peranguru.com akan berikan strateginya supaya dapat membantu siapapun dalam menciptakan kelancaran saat bermusyawarah.

Bagaimana Cara Musyawarah Agar Berjalan dengan Lancar

Bagaimana Cara Musyawarah Agar Berjalan dengan Lancar

Setidaknya kalian perlu menerapkan 5 cara musyawarah agar berjalan dengan lancar sebagai strateginya, yaitu:

1. Berinteraksi Secara Efektif

Supaya kegiatan bermusyawarah dapat berlangsung lebih optimal, maka komunikasi yang efektif harus diterapkan sebagai kunci saat diskusi berlangsung. Menyinggung pertanyaan tersebut "bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar", maka setiap peserta perlu mendengarkan dengan baik selamanya diskusi sedang berjalan.

Ketahuilah, mengamati setiap pendapat atau sudut pandang orang lain dengan mendengarkannya denga bijak merupakan bentuk saling menghormati keputusan. 

Namun selain menjadi pendengar yang bijak, setiap peserta juga berhak mengungkapkan pendapatnya dengan jelas. Hal ini akan menciptakan pengalaman diskusi yang lebih produktif daripada berdiam dan hanya menunggu sudut pandang dari satu atau dua peserta.

2. Selalu Terbuka dan Fleksibel

Ingatlah! Dari banyaknya kegiatan bermusyawarah, seringkali terjadi perbedaan pendapat. Dan apakah kalian tahu, mungkin tanpa kalian sadari, hal tersebut dapat menyebabkan konflik.

Namun kendati demikian, sifat terbuka yang kalian terapkan dapat dijadikan sebagai cerminan perbedaan pendapat yang akhirnya berpeluang untuk mencapai solusi yang lebih baik.

Konflik dalam kegiatan bermusyawarah itu suatu kejadian yang sudah biasa. Namun ketika itu terjadi, sebagai peserta haruslah menghindari sikap defensif atau menyerang peserta lain dengan cara apapun.

Namun sikap yang semestinya dipertahankan adalah tetap memahami argumen setiap peserta. Caranya, dengan mencari titik temu dari sudut pandang tersebut agar bisa menjadi pendekatan solusi yang lebih konstruktif.

3. Atur Jadwal Dengan Baik

Mengatur waktu juga termasuk solusi ideal cara musyawarah agar berjalan dengan lancar, bahkan menjadi faktor terpenting dalam kegiatan ini.

Dalam hal ini, peserta berhak menerapkan batas waktu untuk setiap musyawarah. Misalnya: Membicarakan perkenalan suatu masalah, mendiskusikan masalah tersebut, sampai memecahkan masalah yang berujung menimbulkan keputusan yang lebih tepat.

Dari berbagai kegiatan yang terjadi, mengatur waktu jalannya musyawarah dapat meningkatkan titik fokus terhadap setiap bahasan, mencegah pembahasan yang terlalu panjang misalnya.

Dalam hal ini, peserta yang berhak menentukan waktu kegiatan bermusyawarah adalah pemimpinnya. Karena ia memainkan peran utama dalam kegiatan ini, lalu peserta lain mengikutinya. Dengan begitu, setiap perbincangan pun akan menjadi lebih relevan dengan tujuan kegiatan bermusyawarah.

4. Mencari Kesamaan Serta Membangun Visi

Jika kalian bertanya "bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar", jawaban selanjutnya dari peranguru.com yaitu mencari kesamaan dan membangun visi antar peserta. Mengapa demikian?

Ketika menerapkan kerja sama maupun mengidentifikasi tujuan secara bersamaan, tentu hal tersebut dapat menjadi solusi ketika terjadi konflik karena adanya perbedaan pendapat. Dengan begitu pula, maka ikatan antara peserta akan terjalin dengan baik.

Ketika kegiatan bermusyawarah ini kalian lakukan dengan penuh harmonis, saling berkolaborasi atau menerapkan sistem kompromi, maka solusi yang kalian inginkan akan segera terlihat. Dan tentu saja, solusi tersebut dapat diterima oleh semua pihak.

5. Buat Dokumentasi Hasil Musyawarah

Bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar? Tentu saja dengan cara membuat dokumentasi atas musyawarah yang telah diselenggarakan. Adanya dokumentasi ini dapat menghindarkan peserta dari fitnah oleh pihak lain.

Beberapa catatan yang perlu dibuat dokumentasi termasuk: Keputusan yang disepakati bersama, berbagai argumen yang telah dipertimbangkan, dan adanya tindakan lebih lanjut yang berkaitan dengan keputusan hasil musyawarah.