Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Fungsi Lingkungan Bagi Manusia? Kunci Jawaban 4 SD tema 9

Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia? Dalam materi pendidikan, pertanyaan tersebut merujuk pada soal untuk kelas 4 SD tema 9 tentang tematik. Jadi, mari pahami soal dan kunci jawabannya dari situs peranguru.com secara langsung.

Berdasarkan teori umum, pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang mencakup apapun dan berada di dekat manusia secara bersama-sama. Istilah sesuatu sendiri merujuk pada dua kategori, entah itu makhluk hidup, atau bisa pula komponen tertentu.

Namun yang terpenting adalah, semua makhluk hidup maupun komponen tersebut, (yang tinggal di dekat manusia) umumnya saling memberi pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup manusia.

Sementara itu, definisi "lingkungan" menurut KBBI adalah Kondisi lingkungan yang selalu berdampak pada suatu perkembangan serta perilaku tertentu bagi makhluk hidup.

Pada materi tematik kelas 4 SD, tepatnya di tema 9, kalian diharuskan mempelajari edukasi tentang lingkungan serta semua yang terjadi dalam kehidupannya.

Apa Saja Fungsi Lingkungan Bagi Manusia

Apa Saja Fungsi Lingkungan Bagi Manusia

Dari tematik tersebut, ada satu soal yang mengacu pada satu pertanyaan, yaitu "apa saja fungsi lingkungan bagi manusia". Untuk mencari kunci jawaban yang valid, kalian dapat membaca berbagai fungsi lingkungan yang sudah saya temukan. 

Jadi secara umum, fungsi lingkungan bagi manusia adalah:

1. Sebagai Sumber Daya

Ketahuilah, lingkungan selalu menyediakan aneka sumber daya alam yang luas. Selain itu, hampir semua berperan penting untuk kelangsungan hidup. Contohnya adalah air mengalir dan bersih, udara segar, tanah yang sangat subur dan berbagai sumber daya mineral lainnya.

Dalam fakta yang ada, manusia kerap memanfaatkan sumber daya tersebut untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka dalam menjalani hidupnya sepanjang hari. Lalu, manusia mengembangkan sumber daya tersebut sebagai kegiatan ekonomi yang menghasilkan keuntungan.

2. Kesehatan dan Kesejahteraan

Ketahuilah! Jika lingkungan terlihat bersih, maka kesehatan akan tercipta secara alami. Itu berarti pula bahwa kesejahteraan manusia karena lingkungan yang bersih akan terwujud.

Beberapa komponen yang menggambarkan lingkungan bersih adalah udara, air, dan bebas polusi. Jika komponen tersebut semuanya bersih, maka penyakit beserta sumbernya dapat dicegah dengan mudah.

3. Regulasi Iklim dan Cuaca

Secara tidak langsung, regulasi iklim serta cuaca juga menjadi jawaban untuk pertanyaan apa saja fungsi lingkungan bagi manusia. Mengapa demikian? Berikut alasannya!

Dalam kenyataannya, lingkungan lah yang berperan pentung untuk mengatur semua iklim global maupun cuaca yang terjadi di bumi. Berikut adalah contohnya:

  • Hutan Vegetasi. Adanya hutan semacam ini dapat membantu lingkungan dalam mengurangi emisi karbon di oksida di bumi.
  • Lautan. Komponen ini juga selalu berperan untuk menjaga suhu di bumi supaya tetap stabil, serta berfungsi sebagai media serap panas alami. Dengan begitu, bumi menjadi layak untuk menjadi tempat tinggal manusia.

Tanda adanya komponen hutan vegetasi dan lautan, maka lingkungan tidak akan menjadi seimbang seperti sekarang. Selain itu, tidak adanya keseimbangan tersebut berdampak pula pada timbulnya perubahan iklim serta bencana di bumi.

4. Tempat Tinggal Bagi Manusia

Jika kalian bertanya apa saja fungsi lingkungan bagi manusia, maka jawaban paling ideal adalah sebagai tempat tinggal. Ya, tepat sekali. Karena tanpa adanya lingkungan, maka hunian tidak dapat didirikan.

Akan tetapi, lingkungan yang layak untuk menjadi tempat tinggal haruslah memenuhi berbagai syarat agar kesehatan dan kesejahteraan dapat terpenuhi.

Misalnya: Lingkungan tersebut penuh dengan air bersih, tanah yang subur, dan berbagai komponen lainnya yang berkaitan dengan kemudahan untuk menjalani hidup terpenuhi.

5. Pendukung Budaya

Fungsi lingkungan bagi manusia yang terakhir yaitu sebagai pendukung budaya. Mengapa demikian? Meskipun fungsi lingkungan ini tidak secara kasat mata dapat dilihat oleh semua orang, lingkungan tetap berperan dalam mendukung budaya manusia.

Tak bisa kita elak lagi bahwa manusia selalu punya keterkaitan erat dengan lingkungan sekitarnya. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya beberapa tradisi maupun nilai nilian kehidupan.

Selain itu, lingkungan juga dapat mempengaruhi praktik-praktik budaya yang umumnya terkait langsung dengan alam.

Akhir Kata

Ke 5 teori di atas dapat kalian jadikan sebagai kunci jawaban untuk pertanyaan "apa saja fungsi lingkungan bagi manusia" dalam buku tematik kelas 4 SD tema 9.