Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 3 Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Sebutkan 3 Contoh Kegiatan Bermusyawarah - Bermusyawarah adalah sebuah proses komunikasi dan dialog antara beberapa orang atau kelompok untuk mencapai kesepakatan atau pengambilan keputusan yang benar-benar sesuai dengan preferensi bersama. 

Melalui kegiatan musyawarah ini, maka berbagai ide, pandangan, maupun pendapat dapat disampaikan, didiskusikan, dan dievaluasi secara kolektif. 

Sementara itu, kegiatan bermusyawarah memiliki peranan penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan efektif antara beberapa orang atau kelompok tertentu yang terlibat dalam musyawarah. 

Oleh karena itu, di pertemuan ini kita akan membahas 3 contoh kegiatan bermusyawarah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, simaklah beberapa rangkuman berikut!

3 Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Sebutkan 3 Contoh Kegiatan Bermusyawarah
Dalam contoh kali ini, perangguru.com akan membaginya menjadi tiga kategori yaitu di lingkup masyarakat, sekolah dan keluarga. Sedangkan contoh kegiatan bermusyawarah ini tentu disesuaikan pada tempatnya. Lebih jelasnya, silahkan simak setiap contoh yang sudah saya uraikan dalam konteks berikut:

1. Contoh Kegiatan Bermusyawarah di Lingkup Masyarakat

Kegiatan bermusyawarah juga bisa terjadi di lingkup masyarakat lo. Kegiatan ini merupakan salah satu proses percakapan maupun konsultasi antar masyarakat guna mencari keputusan yang lebih ideal. Biasanya, keputusan tersebut berhubungan erat dengan berbagai jenis kepentingan bersama. Berikut adalah 3 contoh kegiatan bermusyawarah dalam lingkup masyarakat:
  1. Musyawarah dalam hal pemilihan ketua RT atau RW. Guna mempermudah proses kegiatan bermusyawarah, orang-orang kerap menerapkan metode voting.
  2. Kegiatan bermusyawarah untuk menentukan Jadwal ronda. Hal ini biasanya terjadi di semua wilayah, naik itu di kota maupun di desa.
  3. Musyawarah untuk tujuan gotong royong. Gotong royong ini mencakup berbagai hal atau tujuan, seperti: Menerapkan kebersihan lingkungan, pembangunan masjid, atau memperbaiki jalan yang sudah rusak.
Ke 3 contoh kegiatan bermusyawarah di atas sering kali terjadi hingga hari ini di lingkup masyarakat. Dan pastinya, tersedia beberapa contoh lain yang bisa kamu simak di lain waktu.

2. Contoh Kegiatan Bermusyawarah di Lingkup Sekolah

Ketika berada di lingkup sekolah, maka bermusyawarah menjadi salah satu proses penting yang melibatkan berbagai kelompok, terutama siswa dan guru. Namun tak jarang pula orang tua akan terlibat dalam musyawarah ini. Sementara itu, tema musyawarah yang terjadi di sekolah selalu berkaitan dengan segala kegiatan yang akan diadakan oleh guru dan siswa, antara lain:
  1. Pemilihan ketua kelas. Kegiatan bermusyawarah ini memiliki tujuan untuk mencari ketua kelas yang benar-benar sanggup menjadi panutan bagi siswa dan bisa mengatur segala jenis kegiatan yang akan berlangsung di kelas tersebut.
  2. Extrakulikuler. Ini merupakan musyawarah dengan tujuan untuk mencari jadwal jam tambahan belajar yang ideal untuk seluruh siswa di kelas tertentu.
  3. Musyawarah Wisuda. Dalam hal ini, yang akan terlibat tidak hanya siswa dan guru saja, melainkan setiap orang tua juga berhak menyuarakan pendapat mereka terkait program wisuda yang akan diselenggarakan di sekolah tersebut. Pembahasan-nya sangat luas, termasuk menentukan anggaran yang sesuai.

3. Contoh Kegiatan Bermusyawarah Dalam Rumah Tangga

Dalam kehidupan rumah tangga, musyawarah juga penting diterapkan karena sanggup memperbaiki berbagai masalah. Misalnya; ekonomi, pembagian tugas, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan liburan atau pendidikan. Dalam hal ini, contoh kegiatan bermusyawarah dalam lingkup keluarga yaitu:
  1. Pembagian tugas rumah. Dalam hal ini, kepada rumah tangga harus bisa memilih siapa saja yang akan diberikan tugas berdasarkan kemampuan masing-masing.
  2. Musyawarah liburan. Meskipun tidak semua rumah tangga akan membicarakannya, namun musyawarah ini seringkali diterapkan guna menentukan kapan waktu ideal untuk berlibur dan berapa anggaran-nya.
  3. Musyawarah Pendidikan. Diskusi ini pasti akan terjadi di kehidupan rumah tangga, terutama untuk keluarga yang memiliki anak. Dalam diskusinya, musyawarah ini bertujuan untuk mendiskusikan tempat sekolah, jurusan pendidikan (Jika kuliah), dan lainnya.
Tanpa adanya musyawarah dalam lingkup keluarga, maka pendidikan anak tidak akan terwujud dengan baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua berak mendiskusikan masalah ini.

Bagaimana menurut mu, pernahkah mengikuti kegiatan bermusyawarah? Guna mencapai keputusan yang benar-benar sesuai dengan persetujuan, sebaiknya berikan pendapat terperinci dan masuk akal. Dengan begitu, kelompok lain akan mempertimbangkan pendapatmu dan bahkan berupaya untuk menerapkan-nya sebagai hasil dari peroleh keputusan.