Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut?

Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut?

Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut gerakan pivot. Pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan yang tumpuannya menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola atau passing dari rekan satu tim.

Pada dasarnya tujuan dari gerakan pivot dalam permainan bola basket adalah untuk mencari celah, menunggu teman, menahan bola, menipu lawan, dan juga untuk bertahan.

Berikut penjelasan dari masing-masing tujuan gerakan pivot permainan bola basket:

  • Mencari celah. Pivot dilakukan oleh pemain basket untuk mencari celah terkait bola yang ingin dipassing atau ditembak. Gerakan memutar ini juga memungkinkan perubahan arah yang membuat ruang semakin terbuka.
  • Menunggu teman. Pivot sering dilakukan untuk menunggu rekan tim yang bergerak tanpa bola untuk mendapatkan tempat yang lebih baik untuk melakukan shooting atau passing. Pivot setelahnya diikuti dengan passing yang menghasilkan assist dan ruang tak terjaga pada rekan tim lain.
  • Menipu Lawan. Gerakan pivot digunakan ball handler untuk mengecoh penjagaan lawan sehingga mempermudah untuk mencetak angka jarak dekat.
  • Menahan bola. Pivot juga dilakukan dengan tujuan untuk menahan bola sambil berfikir terkait langkah selanjutnya yang akan diambil. Gerakan pivot memungkinkan tim untuk merevitalisasi strategi serangannya.
  • Untuk bertahan. Dalam hal defense pivot sering kali digunakan untuk melonggarkan pressing dari tim lawan. Dengan menggunakan pivot, pemain lain akan dapat menempati posisi yang lebih baik sehingga bola mudah dikuasai untuk step offense.

Berikut adalah cara melakukan gerakan pivot dalam permainan bola basket:

  • Gunakan salah satu kaki yang akan dijadikan tumpuan atau poros untuk memutar badan. Kaki yang dipilih harus kuat sebagai tumpuan sehingga gerakan penghubung lainnya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Lalu kaki satunya digunakan untuk melangkah ke arah yang diinginkan dan untuk kaki ini bebas melakukan langkah tanpa dribble selama kaki poros pertama tetap berada pada posisinya (tidak berubah).
  • Lakukan putaran dan kemudian bisa iringi gerakan pendukung seperti dribbling, passing atau shooting untuk mendapatkan keuntungan dari melakukan gerakan pivot ini.

Berikut adalah macam-macam gerakan pivot dalam permainan bola basket:

  • Pivot kemudian Dribble. Gerakan ini paling umum dilakukan, biasanya ball handler seperti point guard atau forward melakukan putaran di paint area kemudian menciptakan celah lainnya dengan satu atau dua dribble sebelum memutuskan untuk mencetak angka atau melakukan passing ke rekan tim
  • Pivot kemudian Passing. Sering dilakukan oleh pemain dengan insting passing yang bagus, biasanya killer pass datang setelah melakukan pivot ini ke pemain bertipe finisher seperti bigman dan small forward
  • Pivot kemudian Shooting. Gerakan pivot ini sering dilakukan scorer utama di tim, atau pemain yang paling berkontribusi dalam mencetak angka. Beberapa gerakan yang dikombinasikan teknik ini diantaranya Turnaround Jumper, Fadeaway Turnaround Shot.

Sampai disini penjelasan dan pembahasan dari jawaban pertanyaan "berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut" semoga bermanfaat.