Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2. Pukulan Panjang yang dilakukan seorang Pemain permainan Tenis Meja adalah?

Pukulan Panjang yang dilakukan seorang Pemain permainan Tenis Meja adalah?

Pukulan panjang yang dilakukan seorang pemain permainan tenis meja adalah Pukulan Drive. Pukulan drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Pukulan drive dapat di gunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain.

Permainan Tenis meja adalah cabang olahraga yang dilakukan oleh dua orang pemain (tunggal) atau dua pasang pemain (ganda) secara berhadapan dengan menggunakan bola kecil, bet dari kayu yang dilapisi karet, dan lapangan permainan berupa meja.

Induk organisasai olahraga tenis meja atau yang juga dikenal dengan nama ping pong ini adalah ITTF (International Table Tennis Federation) untuk tingkat dunia dan PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) untuk tingkat nasional

Permainan tenis meja dibagi menjadi dua, yaitu permianan ganda dan permainan tunggal.

Permainan ganda tenis meja adalah permainan yang dimainkan dua lawan dua, yaitu dengan cara mainya setiap bola mati akan menghasilkan nilai satu poin, servis dilakukan secara bergantian jika pemain telah mencapai poin kelipatan lima, pemain menerima bola dari lawan secara bergantian, pemegang servis hanya bisa melemparkan bola ke ruang kamar dari sebelah kanan pemain lawan.

Sedangkan untuk permainan tenis meja tunggal dimainkan satu lawan satu untuk cara mainya yaitu setiap bola mati akan menghasilkan nilai satu poin, servis dilakukan secara bergantian jika pemain sudah mencapai poin kelipatan lima, pemegang servis boleh memukul bola dari semua penjuru lapangan.

Permainan tenis meja satu set akan berakhir jika ada salah satu pemain/pasangan yang sudah mencapai 11 poin. Pemain dinyatakan sebagai pemenang jika poin sudah mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set. Jika terjadi deuce, permainan berakhir jika nilainya berselisih dua poin, misalnya 13-11 atau 15-17.

Secara umum permainan tenis meja terdapat peraturan yang harus dilaksanakan antara lain pemain harus memukul bola dengan cara menyentuhkan papan pemukul atau bet, pemain harus melakukan servis, penerima bola atau receiver merupakan pemain yang memukul bola yang kedua dalam satu reli, permainan diawasi oleh seorang wasit dan pembantu wasit.

Bola yang digunakan dalam permainan tenis meja terbuat dari bahan selulosa yang ringan dengan diameter 40 mm dan berat 2,7 gram. Jika dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm, bola akan menghasilkan pantulan pertama setinggi 23–26 cm.

Pada umumnya, bola ping pong berwarna putih atau oranye. Pada bola terdapat tanda bintang 1, 2, atau 3 yang menunjukkan kualitas bola. Tanda bintang 3 menunjukkan bahwa bola tersebut memiliki kualitas yang paling tinggi dan biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.

Kemudian untuk ukuran meja, yaitu panjang meja : 274 cm dengan lebar meja : 152,5 cm kemudian tinggi meja dari lantai : 76 cm dengan tebal garis sisi : 2 cm dan luas meja : 4, 1785 m2

Untuk net tenis meja Net dipasang dengan bantuan tali yang melekat pada kedua ujung tiang setinggi 15,25 cm. Batas perpanjangan kedua tiang pada setiap sisi akhir lebar meja adalah 15,25 cm. Net memiliki ukuran panjang 183 cm, lebar atau tinggi 15,25 cm, dan luas 0,279075 m2.

Pada dasarnya dalam permainan tenis meja terdapat delapan pukulan, yaitu pukulan push, pukulan drive, pukulan chop, pukulan blok, pukulan service, pukulan spin, pukulan lob, dan pukulan smash.

Pukulan drive dalam permainan tenis meja adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas engan posisi bet dalam keadaan tertutup. Pukulan drive dapat di gunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam tenis meja ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

Pukulan push dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Pukulan push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push.

Pukulan chop dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang kadang sulit di tangkis Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push.

Pukulan blok dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan blok biasanya di gunakan untuk mengembalikan bola-bola drive.

Pukulan service dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola untuk memberikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian dipukul dengan bet dan bola harus melewati atas net hingga akhirnya memantul di daerah meja lawan.

Pukulan spin dalam permainan tenis meja adalah pukulan forehand atau backhand dimana reket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin.

Pukulan lob dalam permainan tenis meja adalah teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan.

Pukulan smash dalam permainan tenis meja adalah teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

Jawaban tersebut sebelum saya publikasikan sudah di VALIDASI benar atau tidaknya terlebih dahulu sama Guru di sekolah saya, dan kata Guru saya sih memang itu jawaban paling tepatnya.

Selanjutnya, saya sarankan kamu untuk mambaca postingan pertanyaan Set Upper Bertugas Sebagai? beserta jawaban pembahasan dan penjelasan lengkap.

Perlu kamu ketahui bahwa pertanyaan pukulan panjang yang dilakukan seorang pemain permainan tenis meja adalah? yang saya berikan merupakan jawaban dengan pembahasan dan penjelasan lengkap.

Jawaban dari pertanyaan pukulan panjang yang dilakukan seorang pemain permainan tenis meja adalah? yang saya berikan melalui proses moderasi dan validasi oleh para Guru.

Yang dimana pertanyaan pukulan panjang yang dilakukan seorang pemain permainan tenis meja adalah? melewati proses pengkajian untuk menemukan jawaban paling benar dan akurat.

Jadi kamu jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan pukulan panjang yang dilakukan seorang pemain permainan tenis meja adalah? yang kami publikasikan.